MUSDES Desa Pisang Dalam Rangka “Penyusunan RKP Desa Tahun 2021


 2020-07-20 |  Vm

Pemerintahan Desa Pisang menggelar Musyawarah Desa Tahun 2020 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP desa) untuk tahun 2021 dan Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pemerintah 2020 yang di langsungkan di Balai Desa Pisang , Senin (20/7/2020).

Kegiatan ini di hadiri oleh Kasi Tata Pemerintahan Kecamatan Patianrowo Drs.Cotot Suprayogi, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Perangkat Desa, Para Ketua RT dan RW,  lembaga desa dan tokoh masyarakat desa Pisang, meliputi: Tokoh Agama, Tokoh Pendidik.

Dalam kegiatan Musdes RKP desa ini dipimpin oleh ketua BPD Desa Pisang yang dalam sambutan dan arahannya yang memuat pokok-pokok pikiran BPD yang merupakan hasil penyerapan aspirasi warga masyarakat desa Pisang melalui perwakilannya dengan menyampaikan bahwa Musdes ini di lakukan sebagai instrumen penilaian kinerja perangkat desa, dalam mengukur efektivitas pelaksanaan tugasnya selain itu juga untuk memusyawarahkan hal yang bersifat strategis dalam  penyelenggaraan Pemerintahan Desa.

Hal yang bersifat strategis sebagaimana yang dimaksud adalah: penataan Desa, perencanaan Desa, kerjasama Desa, rencana investasi yang masuk ke Desa, pembentukan Badan usaha milik desa/BUMD, dan kejadian luar biasa.

Kasi Tapem Kecamatan Drs.Cotot Suprayogi di kesempatan itu menjelaskan bahwa “Musyawarah Desa merupakan forum pertemuan dari seluruh pemangku kepentingan yang ada di Desa termasuk masyarakatnya. Dalam rangka menggariskan hal yang di anggap penting, dilakukan oleh Pemerintah Desa dan juga menyangkut kebutuhan masyarakat Desa. Hasil ini menjadi pegangan bagi perangkat Pemerintah Desa dan lembaga lain dalam pelaksanaan tugasnya.

Yang dimaksud dengan “unsur masyarakat” adalah antara lain: tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, perwakilan kelompok tani, kelompok nelayan, kelompok perajin, kelompok penemuan dan kelompok masyarakat miskin.

“ Penyusunan Musyawarah Desa ini dilaksanakan paling  kurang sekali dalam 1 (satu) tahun”. Terang cotot

Sementara itu Kades Pisang dalam sambutannya mengatakan, ” Dalam Musdes RKP Desa ini adalah untuk mencapai tujuan yang ingin di capai dalam perencanaan tahunan Desa dalam upaya mewujudkan rencana pembangunan. Selain itu juga agar tercapainya pemanfaatan potensi desa secara maksimal, efisien dan efektif dalam pembangunan desa.

“Oleh karena  itu berangkat dari maksud dan tujuan tersebut, maka musdes semua desa sebagai forum musyawarah perencanaan pembangunan pemerintahan desa  prinsipnya harus tetap memperhatikan Tri Cipta Bhakti  Kabupaten Nganjuk. :

1. Pembangunan Infrastruktur yg berkualitas;

2. Pembangunan SDM yg berkualitas

Kedua hal diatas dalam rangka mempersiapkan/mewujudkan Kemandirian Ekonomi Masyarakat/Desa.

Dimana semua itu bermuara dalam rangka " BANGUN DESO NOTO KUTHO" sesuai Visi Misi Kabupaten Nganjuk

Usai pemaparan pokok-pokok pikiran BPD dan pemaparan realisasi kegiatan tahun berjalan oleh Kades Pisang serta aspirasi masyarakat yang akan di muat dalam RKP Desa di lanjutkan dengan pembentukan tim penyusun RKPDesa tahun 2021.