RAPAT KOORDINASI SENSUS PENDUDUK 2020 DI KABUPATEN NGANJUK


 2020-02-05 |  Vm

Rabu, (05/02/2020) - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Nganjuk menggelar Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020 rencananya sensus penduduk akan di gelar secara online dan Pemkab Nganjuk mendukung penuh dilaksanakanya sensus penduduk menggunakan sistem online yang pertama kali dilakukan dalam sepuluh tahun terakhir. “Harapan kami, semua warga tanpa terkecuali untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan sensus penduduk secara online yang dilaksanakan BPS Kabupaten Nganjuk tersebut,

" kata Nur Solekan mewakili BUpati Nganjuk, Novi Rahman Hidhayat”. Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk, Nur Solekan mengatakan, Sensus penduduk tersebut akan menjadi penyatuan data kependudukan dalam penyediaan data jumlah, komposisi, dan karakteristik penduduk di Kabupaten Nganjuk pada khususnya dan penduduk Indonesia pada umumnya.

sejumlah langkah yang bisa dilakukan dalam mendukung kegiatan sensus penduduk oleh BPS, menurut Nur Solekan, yakni dengan ikut menyebarluaskan informasi tentang Sensus Penduduk Online 2020 kepada seluruh masyarakat di lingkungan masing-masing, di berbagai kesempatan, serta menyampaikannya melalui media-media yang akan bisa tersampaikan ke masyarakat secara utuh. Selain itu, para pihak diimbau untuk mengajak masyarakat sekitar dan di kewenangannya (bagi pimpinan daerah) untuk berpartisipasi aktif dalam membantu petugas sensus baik secara online maupun wawancara atau survey langsung di lapangan.

Sementara itu, sensus Penduduk secara Online Tahun 2020 akan dilaksanakan BPS melalui dua tahap yakni:

Tahap pertama adalah Pencacahan Lengkap yang terdiri dari Sensus Penduduk Online mulai tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Masyarakat diminta menjawab 22 pertanyaan (mengisi data diri) yang tertera di laman https ://sensus.bps.go.id. dan Sensus Penduduk Wawancara yang dilaksanakan mulai tanggal 1 sampai 31 Juli 2020.

Kemudian untuk sensus penduduk tahap dua yakni Pencacahan Sampel yang akan dilaksanakan pada Tahun 2021.